Javanese Media Online of Aceh

Kalender Jawa Sejak 911 Sebelum Masehi?

Oleh BenerPOST tanggal Jumat, 14 Desember 2012 | 00.24

Naga Dalam Mitologi Jawa
Ada sebuah artikel yang saya baca di internet bahwa kalender jawa sebenarnya dimulai sejak 911 Sebelum Masehi berarti tahun 2013 M sama dengan tahun 2924 J, saya tidak memposting karena data-data yang ditunjukan oleh pemikir tersebut kurang bisa meyakinkan saya. tapi saya memiliki ide untuk menghitung kalender Jawa melalui wewaran, pertanyaan pertama adalah kapan wewaran 1-10 akan berjumpa kembali dalam titik awal yaitu 1.1.1.1.1.1.1.1.1.1.1 dan saya temukan bahwa dari tahun pertama dengan saya lambangkan wewaran dengan angka 1.1.1.1.1.1.1.1.1.1 dengan titik sebagai pemisah wewaran, akan berjumpa kembali seperti awal setelah 37.800 hari dan berjumpa lagi setelah 35.280 hari bergantian selang seling seterusnya,, namun setelah saya hitung sampai 596.131 hari atau sekitar 1682 tahun belum berjumpa dengan wewaran saat ini yaitu 1.1.1.3.2.7.6.3.7.5, saya ingin tahu relevansi angka tahun kita dengan wewaran, karna saya yakin wewaran kalender asli kita yang tidak dirubah oleh Sultan Agung,, kemungkinan tahun jawa itu lebih tua dari 1947 dan jika lebih muda dari tahun saka saya tidak yakin karena berarti kesimpulan tahun jawa dibuat setelah kalender saka,, penelitian ini sedang saya lanjutkan dengan dasar perhitungan wewaran. semoga mendapatkan hasil,,