Javanese Media Online of Aceh

Cara Mudah Belajar Aksara Jawa

Oleh BenerPOST tanggal Minggu, 09 Desember 2012 | 21.12

Aksara Jawa atau Aksara Carakan

Sudah 11 bulan saya bergabung dengan Grub Sinau Nulis Jawa di Facebook klik di sini untuk bergabung, grub ini sangat baik digunakan untuk belajar secara online, dalam grub ini ada 3000 lebih member yang akan siap membantu anda untuk memahami dan membaca Aksara Jawa, namun ada baiknya anda bisa berbahasa Jawa Krama karena kebanyakan anggotanya menggunakan bahasa tersebut, namun yang tidak bisa juga tidak apa-apa karena mereka juga bisa berbahas Indonesia, saya juga tidak bisa bahasa Jawa Krama karena saya asli Aceh yang bersuku Jawa, yang kebanyakan memang sudah tidak bisa berbahasa Jawa Krama lagi dulu asalnya selain dari Transmigrasi pasca kemerdekaan, buruh perkebunan pada zaman penjajahan Belanda kemudian Jepang dan juga di bawa oleh Raden Adipati Unus sekitar abad 15 masehi, kerjasama kemaharajaan Sriwijaya kemudian Majaphit juga mengambil bagian cerita sejarah asal muasalnya namun sejarah tertulis sangat minim, akhirnya wallahu'alam karena saya bukan ahli sejarah.

baiklah, kita kembali ke laptop! saya memiliki trik bagaimana cara mudah menulis dan membaca menggunakan Aksara Jawa secara online melalui grub SNJ :
  1. Ulet, anda harus punya niat dan kegigihan dulu untuk mempelajarainya.
  2. anda harus tahu aturan tulisnya dulu termasuk bagaimana cara menggunakan tanda baca, bagi yang pernah belajar Aksara Arab sangat mudah karena memiliki kemiripan dalam hal menggunakan tanda bacanya, dan panduanya banyak berbahasa indonesia.
  3. Jangan memaksakan diri, jika dipaksa anda akan mengalami stress atau tekanan batin ketika anda mengalami tekanan batin pikiran logika anda akan menentang "untuk apa belajar ini buat pening saja padahal tidak dipakai juga" padahal ini tulisan kita, kalau bukan kita siapa lagi yang memakainya?, untuk menghindari keputus asaan itu maka pertama-tama anda lihat-lihat dulu bentuknya, lekuknya kapan suka, setelah itu ketika ada keinginan baru coba mengetiknya, lalu membacanya kembali, untuk membaca sebagai pengingat anda bisa gunakan keyboardnya misalnya ketik h maka akan keluar huruf Jawa ha.
  4. Menulis dengan aksara jawa dengan bahasa anda sendiri boleh Indonesia, Aceh, Gayo dan dianjurkan kalimat karangan anda sendiri karena sangat membantu saat anda coba membacanya kembali.
  5. Sering-seringlah melakukan hal diatas sampai anda lancar baca tulis, setelah itu terserah anda, namanya tulisan ya silahkan pergunakan sebagaimana layaknya tulisan, boleh menyalin ulang terjemahan Al-quran, Hadist, cerita dan lain sebagainya.
trik belajar di atas merupakan pengalaman saya sendiri saya jamin anda pasti berhasil, Man Jadda Wa Jada, siapa saja yang bersungguh-sungguh pasti akan berhasil.